MEDAN | CENTRAL

Ketua Umum Forum Wartawan Peduli Air (Forwara) Sumut Alian Nafiah Siregar mengatakan, PDAM Tirtanadi Sumut harus memiliki mobil tangki pengangkut air bersih yang berkualitas disertai adanya selang pipa yang bisa masuk ke rumah pelanggan air.

Dimana ketika air mati di rumah konsumen, Tirtanadi tidak perlu diangkat lagi dengan menggunakan tangan.

Hal ini dikatakan Alian Nafiah saat ditemui di halaman DPRD Sumut, kemarin.


Dikatakanya, hal ini terungkap ketika air PDAM Tirtanadi mati akibat adanya perpindahan pipa transmisi di Jalan Sisingamangaraja Medan pas jempatan dekat tol layang Amplas. "Jadi ketika air mati, Tirtanadi menyalurkan air ke rumah masyarakat dengan cara memberikan mobil tangki air bersih untuk dipenuhkan kebak rumah pelanggan air bersih," jelasnya.

Dari pantauan langsung Forwara terlihat masyarakat seperti tinggal di gunung, karena harus antri mendatangi mobil tangki. Dengan tujuan agar ada air bersih di rumah, sungguh sangat ironis melihatnya. Apalagi saat zaman sudah canggih semua dan bekerjapun cukup tekan tombol aja bisa komunikasi dengan siapa saja asalkan jelas tujuannya.

Jadi sudah layak dan wajar PDAM Tirtanadi memiliki mobil seperti  pembersih limbah, sebagaimana mobil bantuan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang belum lama ini diberikan kepada Tirtanadi. Tapi mobil tersebut hanya diperuntukkan untuk limbah. "Kiranya mobil tangki air yang dibeli atau jika ada hibah dari pemerintah, mobilnya seperti itu kiranya”, harap Alian.

Dihimbau, kiranya jika ada mobil tangki air dikirim kemasyarakat yang membutuhkan. 

Disebabkan karena air PDAM Tirtanadi yang mati, janganlah ada oknum yang meminta uang kemasyarakat. Karena ini penyebabnya adalah kesalahan Tirtanadi itu sendiri, bukan karena ulah konsumen. "Jika itu terjadi pastinya masyarakat itu akan bernyanyi dengan indah," jelasnya.

Sementara itu Anggota Komisi C DPRD Sumut Muhri Fauzi mengatakan, saya dorong agar PDAM Tirtanadi terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan membeli mobil tangki air. (ALI)

Teks foto :


Alian Napiah Siregar saat meninjau lokasi pergeseran pipa transmisi di Jalan Sisingamaraja, kemarin di sungai dekat tol layang Amplas. (CENTRAL/Ist)

editor : raymond simbolon
sumber : hariancentral

Share To:

Harian Central

Post A Comment:

0 comments so far,add yours