Legalitas Izin Usaha Center Point Belum Ada

MEDAN | CENTRAL

Politisi Dari Partai Gerindra Kota Medan, Golfried Lubis mengatakan, agar Walikota Medan Dzulmi Eldin berlaku tegas terkait pengutipan retribusi parkir kenderaan bermotor di Center Point.

Hal ini dikatakannya di Gedung DPRD Kota Medan, Senin(2/5).
Menurutnya, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Medan, sampai saat ini masih menarik retribusi parkir kenderaan di Center Point.


Sementara sampai saat ini belum ada kepastian atas legalitas izin usaha plaza yang berdiri di lahan PT KAI tersebut.

"Semuanya itu adalah tergantung kepada Walikota Medan. Namun kita   melihat belum ada kemauan Walikota Medan untuk menertibkannya. Bagaimana dapat dilakukan pengutipan retribusi sementara izinnya saja belum ada dikeluarkan”, terangnya.

Ditambahkan anggota DPRD Kota Medan itu, hal tersebut sudah pernah dipertanyakan Komisi C kepada Dispenda selaku penerima pajak.

Namun Dispenda mengatakan tidak mempersoalkannya ada memiliki izin atau tidak, yang penting jika ada  transaksi kutip.

"Itukan namanya pengutipan ilegal, bagaimana bisa ada dilakukan pemungutan retribusi kepada perusahaan yang belum memiliki izin," terangnya.

Lanjut Golfried lagi, sampa saat ini dari 74 perizinan yang ada terdaftar di Kota Medan, masih 11 perizinan yang didaftarkan ke Pemko. Kemana yang 63 lagi. Seharusnya semua izin diserahkan ke BPPT (Badan Pengurusan Perizinan Terpadu). Di Kepres ada mengatakan bahwa untuk izin pengurusan mesti satu atap semuanya. Dan hal tersebut telah dilaksanakan di Provinsi.

"Kita belum melihat di Medan perizinan satu atap diterapkan. Masih ada SKPD yang masih mengeluarkan perizinan. Kita sangat herankan kenapa hal itu masih terjadi. Untuk itu kita berharap agar Pemko Medan dalam hal ini Walikota Medan selaku penentu kebijakan secepatnya menerapkan sistim pelayanan satu atap tersebut.

Selanjutnya, Kantor BPPT Kota Medan, diusulkan tersendiri saja, tidak seperti saat ini masih bergabung dengan Dispenda”, pungkas Golfried.

Sementara itu, Kadis Penda Kota Medan, Husni saat dikonfirmasi terkait retribusi parkir kenderaan bermotor di Center Point via selulernya tidak dapat dihubungi. (Irw)

 editor : raymond simbolon
sumber : harian central
Share To:

Harian Central

Post A Comment:

0 comments so far,add yours