MEDAN | CENTRAL
Dalam upaya meningkatkan akreditasi baik institusi maupun program studi, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengirimkan dua asesornya di Institut Teknologi Medan (ITM) guna melakukan visitasi akreditasi prodi teknik elektro 28 sampai 30 April 2016.

Kedua asesor tersebut adalah Prof Dr Ir Ansar Suyuti MT (Universitas Hasanuddin Makasar) dan Hendra Tjahyadi ST MT PhD (Universitas Pelita Harapan Tangerang).


Mahrizal mengatakan, saat ini prodi teknik elektro mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT. 

Untuk akreditasi Institusi dilakukan 5 tahun sekali,sedangkan akreditasi prodi dilakukan 3 tahun.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi ITM akan mempersiapkan mahasiswanya untuk bisa mengisi lapangan kerja di bidang kelistrikan, kemampuan generasi muda akan ditempah di jurusan teknik elektro ITM.

Sedangkan upaya yang dilakukan adalah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal, untuk itu, ITM telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan nasional dan lembaga BUMN seperti PT Telkom.

Kerjasama tersebut diharapkan para mahasiswa bisa langsung memahami dan meningkatkan kemampuan sehingga ketika bekerja dan terjun kelapangan kompetensinya tak diragukan lagi."Kita berusaha agar prodi teknik elektro bisa dipertahankan dan jika memungkinkan berada di akreditasi b plus,' tambahnya.

Sebagai contoh ucapnya, ITM telah mengirim mahasiswa teknik elektro untuk melaksanakan praktek kerja ke University Malaysia Perlis.

Hal ini membuktikan keseriuasan ITM selaku stakeholder pendidikan tinggi akan bersungguh-sungguh dan serius.

Dia mengakui, era ini segala yang diinginkan hanya dapat diperoleh dengan kualitas kemampuan intelektual tinggi serta niat dan kerja keras. Dalam berkompetidak hanya mengandalkan kecerdasan emosi dan kecerdasan spritual.

Saat ini ITM berusaha mempersiapkan tenaga handal sesuai kebutuhan industri berskala nasional maupun internasional. Upaya yang dilakukan adalah melakukan kerjasama dengan pihak industri dan perguruan tinggi baik di Indonesia maupun di luar negeri. (Pul)


editor : raymond simbolon
sumber : harian central
Share To:

Harian Central

Post A Comment:

0 comments so far,add yours