PERMASALAHAN YANG ADA DI DANAU TOBA

Danau toba |  hariancentral.com Apa latar belakang orang mau ke Danau Toba ? tentu saja adalah pemandangannya  , airnya yang biru dan ...

Danau toba | 
hariancentral.com
Apa latar belakang orang mau ke Danau Toba ? tentu saja adalah pemandangannya  , airnya yang biru dan  objek-objek wisata yang ada di danau toba dan hal yang bersifat artifisual. Artinya artifisual adalah yang dibuat manusia sesuai dengan perkembangan zamannya, itulah sebabnya orang mau tertarik datang ke danau toba.

Jika melihat danau toba orang akan takjub karena keunikannya, berada 903,5m diatas permukaan laut. Danau toba adalah sebuah danau tektonik-vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer lebar 30 kilometer terletak di provinsi Sumatera Utara, yang merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ditengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama pulau Samosir, itu merupakan suatu gambaran yang membuat danau toba bagus, airnya begitu jernih, dulu kala jika orang penduduk setempat tidak tubo atau tidak sarapan pagi cukup dengan mangura air.
Mangura air adalah air  danau toba itu diambil ke kaleng, kemudian diberi garam cabe dan asam,cukup itu untuk diminum, itulah bersihnya air danau toba.  tapi kita lihat sekarang ini,bagaimana danau toba sekarang ini?


Sekarang air danau toba itu sudah kotor dapat kita lihat disekitar danau toba itu banyak keramba, bangunan-bangunan yang berkeseleoran, kapal kapal disana sini, sampah-sampah yang dibuang sembarangan ke danau belum lagi oli kapal yang mencemari air danau toba.

Banyak enceng gondok yang sudah menjamur, lain lagi pestisida, pupuk yang dipakai masyarakat petani dan dibuang seenaknya saja tanpa melalui proses filter dibuang ke danau toba, Sampah-sampah yang dibuang oleh masyakarat setempat ataupun para wisatawan.

Sarana dan prasarana di danau toba ataupun daerah sekitar seperti Balige ,Pangururan atau parapat juga ikut mempengaruhi, Jika kita lihat banyak sekali hotel-hotel tentu banyak pula limbah ataupun sampah-sampah yang timbul jika pembuangan tidak dikelola dengan benar oleh pemilik hotel.
Di sekitar danau toba seperti  Balige belum ada sarana pembuangan tinja, oleh karena itu tidak akan kita temui mobil penyedot tinja disana , lalu kemana kotoran itu dibuang? tanda Tanya kan? Bisa jadi kotoran itu dibuang sembarangan dan mengalir ke danau toba!

Begitu banyak masalah yang dibiarkan berlarut-larut selama ini yang membuat Danau Toba tercemar , kurang adanya perhatian para pengelola tempat wisata, hotel, pengunjung hotel, pengelola kapal dan penumpangnya dan juga masyarakat setempat bahaya akan sampah. Sampai saat ini Masalah yang ditimbulkan oleh sampah atau kotoran yang dibuang sembarangan masih belum teratasai.
Mungkin ratusan ton sampah  dibuang sembarangan dalam satu hari apa lagi saat hari pekan ditempat-tempat sentral yang paling padat dikunjungi seperti ajibata, tigaraja ,pangururan, haranggaol, tongging, tigaras, balige, porsea, bakkara, muara, nainggolan, paliti, simanindo.


Masalah enceng gondok.sebenarnya enceng gondok itu kalau kita lihat ke daerah yang lain,jawa misalnya,bisa dimanfaat kan menjadi home industri misalnya dibuat menjadi tas dan lain sebagainya, di samosir ini menjadi masalah petaka,nah ini perlu dikelola oleh Pemerintah maupun masyarakat dipelajari bagaimana memanfaatkan ataupun mengolah enceng gondok ini atau bagaimana memusnahkannya.
Memang ada perbedaan antara enceng gondok di samosir dengan enceng gondok di tempat lain,di samosir lebih kecil dan di daerah lain bisa lebih besar,yang paling bisa dimanfaatkan adalah menjadi  pupuk kompos, bagaimana dia dimanfaatkan agar air danau toba bisa bersih

Masalah pellet dan Keramba, Pernah sejarahnya ikan yang di danau toba sekitar tahun 2002 dan 2003 habis mati akibat pellet yang membuat air kotor sehingga  dulu pemerintah sumut dan pemerintah daerah membuat perataan keramba atau istilahnya research park, yang artinya disekitar danau toba itu atau lokasi lokasi tertentu untuk memelihara ikan, jadi bukan serampangan.

reserch park memiliki tempat-tempat tersendiri untuk memelihara ikan, ada pengendalian. misalnya disekitar onan dolok,ada sekitar 9 – 11 reserch park. tapi kita lihat sekarang ini pemerintah daerah tidak mengarahkan kesana. ada research park,ada lokasi lokasi yang bisa memelihara ikan.
membatasi zat zat kimia yang ada di pakan ikan dan mengembangkan jenis-jenis ikan lain selain ikan mas yang tidak melulu menggunakan pellet sebagai makanan sehingga air lebih bersih dan ikan juga lebih segar sebagai kuliner ataupun diolah menjadi oleh-oleh. Contoh sibahut atau lele itu sangat bagus pertumbuhannya di danau toba ataupun dikolam kolam yang ada disekitar sawah di danau toba itu sendiri

Masalah oli kapal atau mobil,coba bayangkan oli bekas kendaraan dibuang ke danau toba, 1 liter itu bisa menyebar di atas air hingga ratusan meter. Hal ini juga harus menjadi perhatian masyarakat dan pemerintah.


Kemudian masalah pestisida yang masuk ke danau toba melalui pertanian masyarakat, pupuk langsung terbuang ke danau tobaini mengakibatkan air menjadi tercemar sehingga berendam di danau akan membuat  gatal gatal.

Masalah kotoran kotoran dari ternak, contohnya masyarakat yang berternak babi,kotoran peternak kerbau atau horbo,tetap juga kotoranya dibuang ke danau toba, coba bayangkan kalau peternak babi atau kerbau ada 10.000 ekor dan kotorannya setiap hari terbuang ke danau.

Itulah -permasalaan permasalahan yang harus diatasi, selama ini danau toba menjadi tempat pembuangan sampah, sedangkan disatu sisi danau toba itu juga menjadi sumber penghidupan dari masyarakat disekitarnya, hidup mereka tergantung dari sana.
masyarakat sadar atau tidak sadar bahwa itu salah, terkadang mereka ingin cepat dan membuangnya begitu saja,akibatnya danau itu jadi tercemar, jadi intinya banyak hal yang bisa kita manfaatkan dari danau toba, tergantung kita sekarang bagaimana melestarikan dan menjaga debit air danau toba.kalau debit danau itu berkurang pasti akan berdamapak tidak baik bagi penduduk sekitarnya.
Air danau toba juga dimanfaatkan menjadi PLTA di sungai asahan jadi mari kita lestarikan bersama-sama. Semoga kelak Danau toba bisa berkembang seperti Bali, sehingga menjadi icon pariwisata di Indonesia dan manca Negara.



EDITOR : RAYMOND SIMBOLON
SUMBER : OP EZRA SIMBOLON / HARIAN CENTRAL


COMMENTS

Name

Akomodasi,4,APBD,2,Berita Dalam Kartun,1,Bisnis,22,BPJS,2,Budaya,3,BUMD,1,BUMN,8,BUSINESS,10,Central Bisnis,7,Central daerah,124,Central Iklan,8,Central kota,150,Central Marcomm,3,daerah,426,Destinasi,26,Economy,11,Ekonomi,47,entertaiment,1,Fashion,2,Ganja,1,Health,8,Hukum,95,Iklan,133,Info Penting,2,Internasional,30,IPTEK,22,Jakarta,3,JAKSA,2,JAKSA AGUNG RI,1,Jurnalis,8,Kajatisu,2,KDRT,1,kesehatan,34,Kolom SKPD,202,Korupsi,8,KPK,1,KPU,3,Kriminal,158,Laka Lalu Lintas,12,LIFE STYLE,6,Medan,641,Motivasi,28,Narkoba,91,Nasional,23,NEWS,933,Okermas dan LSM,1,OKP,3,Olahraga,23,Ormas,1,OTT SABER PUNGLI,3,p,1,Parpol,3,Pemkab,104,Pemko,47,Pemko Medan,30,Pemprovsu,173,Pendidikan,111,Pengadilan Negeri,1,Perbankan,5,Pilkada,1,PLN,1,Polri,55,Property,6,PT PLN,3,Pungli,1,RAGAM,156,relgius,72,Resepsi,1,SARA,1,SKPD,3,SPORT,1,SPORTS,34,Ticketing,3,TNI,86,TNI-POLRI,19,TRAVEL,20,UKM,1,Wakil Rakyat,76,
ltr
item
HarianCentral.com: PERMASALAHAN YANG ADA DI DANAU TOBA
PERMASALAHAN YANG ADA DI DANAU TOBA
https://3.bp.blogspot.com/-6Qzk55ifZag/VyRjuT6_DAI/AAAAAAAAAxw/o1QOY0h7Vo4eGA3cEtjmuwaAGE7s3pyGQCLcB/s320/kerusakan-danau-toba-615x410.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-6Qzk55ifZag/VyRjuT6_DAI/AAAAAAAAAxw/o1QOY0h7Vo4eGA3cEtjmuwaAGE7s3pyGQCLcB/s72-c/kerusakan-danau-toba-615x410.jpg
HarianCentral.com
http://www.hariancentral.com/2016/04/permasalahan-yang-ada-di-danau-toba.html
http://www.hariancentral.com/
http://www.hariancentral.com/
http://www.hariancentral.com/2016/04/permasalahan-yang-ada-di-danau-toba.html
true
8011075456760174437
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy