Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor

Share it:


hariancentral.com|
Knalpot adalah salah satu bagian pada kendaraan yang berhubungan dengan pembuangan akhir gas hasil pembakaran. Karena bertugas sebagai saluran pembuangan gas hasil pembakaran, tentu knalpot seringkali berada pada kondisi yang sangat panas.


Nah meskipun perannya cukup vital, bagian knalpot ini rentan terhadap karat dan pengeroposan. Karat yang dibiarkan menempel baik pada leher knalpot maupun pada pipa knalpot lama-kelamaan akan menimbulkan keropos pada dinding knalpot.

Jika sudah keropos, akhirnya akan mudah timbul lubang pada dinding knalpot. Nah jika sudah sudah terjadi kebocoran pada dinding knalpot tentu aliran gas pembuangan menjadi tidak lancar dan akibatnya motor Anda menjadi kurang bertenaga.

Selain itu knalpot yang berlubang juga menyebabkan bunyi knalpot menjadi berubah. Olah karena itu ada baiknya Anda mengetahui cara menghilangkan karat pada knalpot motor sebelum karat pada knalpot motor Anda menjadi semakin parah.

Sebelum lebih jauh membahas bagaimana cara menghilangkan karat pada knalpot motor, ada baiknya Anda mengetahui lebih dalam penyebab knalpot motor berkarat. Ada banyak sebab mengapa knalpot motor mudah berkarat, beberapa diantaranya karena Anda jarang membersihkan debu dan kotoran pada daerah knalpot motor sehingga akhirnya menumpuk dan menimbulkan kerak dan karat.

Karat pada knalpot juga seringkali timbul karena Anda seringkali membiarkan air yang membasahi knalpot kering dengan sendirinya.

Knalpot yang dilapisi krom seringkali juga terkena karat, nah pada kasus ini, tidak mungkin karat dihilangkan dengan amplas karena lapisan krom (chrom) dapat ikut teramplas.

cara nya cukup simple dan sederhana dengan menggunakan oli bekas,

karena oli dapat menahan suhu panas yang diakibatkan proses pembakaran mesin sehingga knalpot Anda bisa tetap adem.dan kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. panaskan motor selama 10-15 menit
  2. oleskan oli kotor pada leher knalpot dan bagian yang berkarat menggunakan kuas atau semprotkan kedalam knalpot dengan motor masih tetap dalam keadaan menyala
  3.  tunggu sampai oli menguap kemudian oleskan lagi, ulangi sampai 3 atau 4x
  4. matikan mesin, ambil pisau tumpul dan kerok bagian berkarat knalpot tadi sampai kerak-keraknya terkelupas
  5. oleskan porstex jangan sampai mengenai body atau mesin motor karena dapat merusak cat
  6. biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih
  7. lap kering kemudian diamplas lalu dibersihkan maka knalpot akan kelihatan seperti baru
 setelah bersih rawatlah knalpot anda, sering-sering dibersihkan dan jangan memanaskan mesin lebih dari 3 menit karena knalpot akan sangat panasmembuat besi menjadi merah dan cepat berkarat.
sekian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Editor : Raymond simbolon

Sumber : net
Share it:

IPTEK

RAGAM

Post A Comment:

0 comments: