Bupati DS Ashari Tambunan Terima Anugerah Apresiasi TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik

Share it:

LUBUK PAKAM, CENTRAL
Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menerima Anugerah Apresiasi TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Prof Dr H Yuddy Chrisnandi ME, Kamis (31/3) di Gedung JX Internasional Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Penganugerahan Apresiasi TOP 99 ini diperoleh melalui kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2016 yang disebut “TOP 99”. Hal ini merupakan ajang tertinggi dari Pemerintah dalam hal ini Kementerian PAN-RB atas pengakuan praktek Inovasi dari jenis atau beberapa jenis pelayanan yang dilakukan di setiap Kementerian/Lembaga atau Pemerintah Daerah.
            Plt Kadis Infokom Drs Bambang Haryadi, Kamis (31/3) menjelaskan bahwa Program “CERDAS” (Percepatan Rehabilitasi dan Apresiasi terhadap Sekolah) di Kabupaten Deli Serdang berhasil terpilih menjadi TOP 99 Inovasi pelayanan publik tahun 2016 yang penilaiannya dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.
            Bambang Haryadi yang didampingi Kabid Pelayanan Informasi Sarjan Rambe SSos menjelaskan bahwa penghargaan yang sejenis seperti ini sebelumnya juga pernah diperoleh dari Kementerian Dalam Negeri sebagai apresiasi pemerintah pusat terhadap inovasi Pemkab Deli Serdang di bidang pendidikan melalui program “CERDAS” ini pada tahun 2011 dengan penganugrahan penghargaan IGA (Inovation Gooverment Award) yang ketika itu diserahkan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi kepada Pemkab Deli Serdang yang diterima oleh Wakil Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars di Jakarta.
            Menurut Bambang, konsep “Cerdas” yang digagas  dan dicanangkan pada tahun 2005 oleh Drs H Amri Tambunan sebagai Bupati Deli Serdang ketika itu, adalah merupakan bagian dari upaya pemerintah kabupaten yang telah meletakkan sektor pendidikan di samping sektor kesehatan dan infrastruktur sejak priode 2004-2009 dan 2009-2014 sebagai skala prioritas visi misi pembangunan daerah sejak periode 2004-3009 dan periode 2009-2014.
Konsep ‘Cerdas’ ini kemudian terus dilanjutkan hingga sekarang ini sebagai sekala prioritas visi pembangunan daerah sampai dengan pada priode 2014-2019 ini di bawah kepemimpinan Bupati H Ashari Tambunan dan Wakilnya H Zainuddin Mars.
Sementara itu, Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Deli Serdang Dra Wastiana Harahap yang ikut mendampinggi Bupati menerima penganugrahan penghargaan TOP 99 di Surabaya ini, dalam penjelasannya kepada wartawan menyebutkan bahwa untuk tahun 2016 jumlah Inovasi pelayanan publik yang diseleksi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi secara nasional mencapai 2.476. Dari jumlah tersebut telah dipilih 99 inovasi pelayanan Publik terbaik dan Program Cerdas dari Pemkab Deli Serdang  berhasil masuk dalam “TOP 99”.
Melalui Konsep “CERDAS” yang didukung dengan lahirnya GMPP (Gerakan Masyarakat Peduli Pendidikan) di tingkat kabupaten/kecamatanhingga ke desa ini dinilai telah berhasil merubah mindset (pola pikir) warga masyarakat sehingga masyarakat menyadari bahwa pendidikan adalah merupakan tanggung jawab bersama dari semua pihak dan bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata.
Wastianna menjelaskan bahwa gedung sekolah SD di Kabupaten Deli Serdang pada tahun 2005 sebagian besar berada dalam keadaan porak poranda alias tidak layak pakai seperti atapnya bocor, asbesnya  pecah/rusak, lantainya kupak kapik dan mobiler yang carut marut, sehingga sangat tidak layak untuk dijadikan tempat  proses belajar mengajar sebagai sarana anak anak bangsa mendapatkan transfer ilmu pengetahuan dari tenaga tenaga pendidik.
 Melalui Konsep “CERDAS” akhirnya berhasil melakukan percepatan rehabilitasi sekolah sebanyak lebih 70% dari 621 SD yang ada, sehingga hanya dalam kurun waktu dua tahun (2005 – 2007), Kabupaten Deli Serdang berhasil menyatakan dirinya bebas dari sekolah tidak layak pakai.
Keberhasilan pembangunan sektor pendidikan dengan mengandalkan tiga pilar kekuatan pembangunan yakni kemampuan pemerintah yang terbatas ditopang partisipasi masyarakat dan dukungan sektor swasta, ternyata benar-benar mampu megajak semua elemen masyarakat berpartisipasi memberikan dukungan di samping sektor swasta/pengusaha yang ikut memberikan peran sertanya di setiap kecamatan dan desa melalui GMPP sebagai elemen penggeraknya.
Akhirnya membuahkan hasil dengan diterimanya penghargaan Satya Lencana Pembangunan bidang Pendidikan dari Presiden RI ketika itu Susilo Bambang Yudhoyono kepada Bupati Deli Serdang yang pada saat itu dijabat oleh Drs H Amri Tambunan, dalam acara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 64 tingkat Nasional Tahun 2009 di Jakarta. (Gea).

editor : raymond simbolon
sumber : harian central

Share it:

Central daerah

NEWS

Post A Comment:

0 comments: