Pemkab Nias Selatan Panen Raya Bersama TNI AD

Share it:
Pemkab Nisel Panen Raya Bersama TNI AD
NIAS SELATAN | CENTRAL
Sejak Presiden Indonesia Joko Widodo mengeluarkan Dekrit Presiden tentang swasembada pangan, Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Selatan bersama TNI-AD gencar melakukan aktifitas   pertanian untuk menciptakan Kabupaten yang mandiri akan swasembada pangan.
Kepala Dinas Pertanian, Ir Restu Duha, menjelaskan bahwa hasil padi yang telah dipanen rata-rata 7,8 ton per hektar. Seluruh hasilnya akan dijadikan bibit padi, tidak ada yang akan digiling untuk dijadikan beras dan dijual. “Semua akan dijadikan bibit, itulah mengapa kelompok ini dijadikan Desa Mandiri Benih. Jadi kami akan perhatikan setiap langkah perkembangan pertanian, agar semua tetap koordinir. Tentunya kami membutuhkan bantuan oleh pihak TNI-AD sebagi pengawal kegiatan ini” jelas kadis pertanian.

Plt. Sekda, Foarota Laoli, MH mengharapkan agar kelompok tani mampu menjaga kerja sama dengan baik.
“Dalam menjalankan kegiatan pasti akan mengalami berbagai masalah dan itu sering terjadi. "Jadi, jangan membawakan egoisme masing-masing dalam menjalankan kegiatan tersebut atau mau terpancing hasutan yang dapat memecah belah kelompok” tegasnya. Perpecahan dalam kelompok tani akan mempengaruhi hasil yang telah dicapai sebelumnya yang dapat mencoreng predikat Kabupaten Nias Selatan sebagai Miniatur Pertanian di Indonesai. “Kita sudah dapat hasil yang memuaskan di tahun ini. Hasil yang memuaskan itu adalah kerja keras para kelompok tani," katanya. Setiap kelompok tani (poktan) diwajibkan memiliki lahan sawah seluas 10 Ha dan diberikan bantuan berupa Benih Padi, Pupuk, Obat-obatan, Gudang Padi, Lantai Jemur, dan beberapa peralasan berupa Seed Cleaner, timbangan, mesin jahit, dan pengukur kadar air.
Hingga saat ini, pemerintah Kabupaten Nias Selatan berhasil meningkatkan hasil padi di Kabupaten
Nias Selatan dan mendapatkan penghargaan bagi pemerintah pusat dengan dikukuhkannya 3 kelompok tani
dari 3 Desa menjadi Desa Mandiri Benih yakni poktan Sukamaju Desa Sobawagoli Kecamatan Lahusa, Poktan Umbu Desa Bawonifaoso Kecamatan Telukdalam, Poktan Pantang Mundur Desa Maniamolo Kecamatan Luaha Gundre. (Jef)
Share it:

Central daerah

NEWS

Post A Comment:

0 comments: