Garuda Indonesia Resmi Buka Rute Penerbangan ke Bandara Silangit

Share it:
HARIAN CENTRAL | Tapanuli -Mudik atau berwisata ke Tanah Batak, area Danau Toba, Sumatera Utara kini bisa lebih mudah. PT Garuda Indonesia Tbk hari ini melakukan penerbangan perdana ke Tanah Batak memakai pesawat tipe CRJ-1000 berkapasitas 96 penumpang. Rute penerbangan ialah Jakarta-Silangit-Sibolga. Maskapai Garuda Indonesia dijadwalkan tiba di bandara Tanah Batak, Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada pukul 10.50 WIB.
Bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero) telah siap menyambut (keberangkatan dan kedatangan) pengguna jasa udara.Terdapat area parkir yang bisa mengakomodir para pengantar dan penjemput. Setelah tiba, pengguna jasa udara bisa masuk area keberangkatan, dengan terlebih dahulu melalui proses security check point. Di sini petugas Aviation Security Bandara Silangit meminta pengguna jasa untuk melalui alat pemeriksaan, termasuk barang.

Selanjutnya, penumpang bisa melakukan proses check in. Di sini, terdapat 3 maskapai yang siap melayani proses check ini. Maskapai tersebut ialah Wings Air, Susi Air dan Garuda Indonesia. "Sekarang maskapai yang operasi ada Wings Air, Susi dan Garuda. Susi seminggu 3 kali, jadwalnya Selasa, Kamis, Jumat untuk rute Kualanamu-Silangit. Kemudian Wings Air rute Batam-Silangit dengan jadwal Rabu, Jumat dan Minggu. Kemudian Garuda rute Jakarta-Silangit-Sibolga dengan waktu Selasa, Jumat, Minggu," kata Public Relation Manager AP II, Herul Anwar di Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, Selasa (22/3/2016). Setelah proses check in, penumpang kembali melalui proses security check point agar bisa masuk ke area  boarding lounge atau ruang tunggu keberangkatan.

Meski berada di daerah pinggiran Sumatera Utara, AP II merancang boarding lounge sangat nyaman. Di sini terdapat fasilitas toilet bersih dengan suasana dan desain khas budaya Batak. Bagi umat Muslim, penyedia bandara menyediakan Mushola. Selain itu, terdapat ruang tunggu dengan kursi empuk. Bagi penumpang tertentu, mereka bisa menikmati fasilitas VIP Lounge.

Terminal penumpang saat ini memiliki luas 500 m2 dengan kapasitas penumpang 65.000 orang per tahun.
Memasuki area air side atau sisi udara, di sini terdapat area apron atau parkir pesawat yang bisa menampung 3 pesawat sekaligus tipe ATR 72 namun pesawat Boeing 737-500 sudah bisa mendarat di sini.

"Di apron bisa 3 pesawat sekaligus tipe ATR, tapi baru-baru ini pesawat Sriwijaya (carter) mendarat di sini. Mereka pakai Boeing 737-500," ujar salahs atu petugas Bandara Silangit. Bagi penumpang yang baru tiba di Bandara Silangit, terdapat area kedatangan yang gedungnya terpisah. Pengguna jasa akan disambut dengan udara Tapanuli Utara yang sejuk.(dtk)

editor : raymond simbolon
sumber : internet
Share it:

Akomodasi

TRAVEL

Post A Comment:

0 comments: